b CYBER LEARNING TIK: DASAR TEKNOLOGI INFORMASI

Friday, November 27, 2009

DASAR TEKNOLOGI INFORMASI

DASAR TEKNOLOGI INFORMASI

Disusun Oleh:

Nama : Nita Rahmawati

NIM : 1815076414

M.K : TIK

Dosen : Ibu. Ika

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

2009

DASAR TEKNOLOGI INFORMASI

A. Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi informasi (information Technology) biasa disebut TI, IT atau Infotech. Beberapa definisi teknologi informasi dari para tokoh:

Sumber

Definisi

Haag dan Keen (1996)

Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu dalam bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemprosesan informasi.

Martin (1999)

Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

Williams dan Sawyer (2003)

Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.

Dengan kata lain, yang disebut teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.

· Teknologi Komputer

Teknologi komputer adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer, termasuk peralatan-peralatan yang berhubungan dengan komputer seperti printer, pembaca sidik jari, dan bahkan CD-ROM. Komputer adalah mesin serbaguna yang dapat dikontrol oleh program, digunakan untuk mengolah data menjadi informasi.

Program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya.

Data adalah bahan mentah bagi komputer yang dapat berupa angka maupun gambar, sedangkan informasi adalah bentuk data yang telah diolah sehingga dapat menjadi bahan yang berguna untuk pengambilan keputusan.

Komputer sebagai pemproses

Data Informasi

Program

Gambar 1.1 Komputer dikendalikan oleh program untuk memproses data menjadi informasi.

· Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Contoh dari teknologi komunikasi adalah telepon, radio, dan televisi.

B. Pengelompokkan Teknologi Informasi

Teknologi informasi dapat dikelompokkan menjadi 6 teknologi, yakni:

1. Teknologi masukan(input technology)

Teknologi masukan adalah teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan data ke dalam sistem komputer. Contohnya: keyboard dan mouse.

2. Teknologi keluaran(output technology)

Teknologi keluaran adalah teknologi yang berhubungan dengan segala peranti yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahan sistem. Peranti keluaran yakni berupa layar atau monitor dan printer.

3. Teknologi perangkat lunak (software)

Teknologi perangkat lunak dikenal juga dengan sebutan program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya. Contohnya: Microsoft Word yaitu perangkat lunak yang berguna untuk membuat dokumen, sedangkan Adobe Photoshop adalah perangkat lunak yang berguna untuk mengolah gambar.

4. Teknologi penyimpan

Teknologi penyimpan dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu

· Memori internal biasa disebut juga main memory atau memori utama yang berfungsi sebagai pengingat sementara baik bagi data, program, maupun informasi ketika proses pengolahannya dilaksanakan oleh CPU. Contohnya: ROM (memori yang hanya bisa dibaca) dan RAM (memori yang isinya bisa diperbaharui).

· Penyimpanan eksternal (external storage) dikenal juga dengan sebutan penyimpan sekunder. Penyimpanan eksternal adalah segala peranti yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Contohnya: diske, flashdisk

5. Teknologi mesin pemproses(Processing machine).

Teknologi mesin pemproses lebih dikenal dengan sebutan CPU (Central Processing Unit), mikroprosesor, atu prosesor. Contoh prosesor: pentium dan Power PC. CPU adalah bagian dalam sistem komputer yang menjadi pusat pengolah data dengan cara menjalankan program yang mengatur pengolahan tersebut.

C. Komponen Sistem Teknologi Informasi

Sistem teknologi informasi adalah sistem yang terbentuk sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi. Komponen utama sistem teknologi informasi: perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan orang (brainware). Perangkat keras mencakup segala peralatan fisik yang dipakai dalam sistem teknologi informasi, sedangkan orang merupakan komponen penentu keberhasilan sistem yang menerapkan teknologi informasi. Komponen brainware dapat berupa pemakai, pemeliharaan, dan pembuat sistem. Komponen ini menjadi kunci keberhasilan sistem teknologi informasi. Tanpa andil komponen ini, perangkat keras dan perangkat lunak menjadi tidak berguna sama sekali. Sebagai contoh: pemprogram (programmer) adalah orang yang mempunyai keahlian khusus dalam membuat program. Dengan adanya pemprogram dan para spesialis teknologi informasi lainnya, sebuah organisasi dapat secara terus-menerus mengembangkan aplikasi yang bersifat khas bagi organisasi tersebut.

D. Klasifikasi Sistem Teknologi Informasi

Sistem teknologi informasi dapat dibedakan dengan berbagai cara pengklasifikasian dibedakan menjadi:

1. Menurut fungsi sistem

· Embedded IT system

Embedded IT system adalah sistem teknologi informasi yang melekat pada produk lain. Sebagai contoh, sistem VCR (Video Casette Recorder) memiliki sistem teknologi informasi yang memungkinkan pemakai dapat merekam tanyangan televisi. Adapun sistem teknologi informasi pada lift dapat digunakan untuk mengendalikan gerakan lift dalam gedung pencakar langit. Misalnya, lift tertentu tidak bisa digunakan untuk lantai 2 sampai dengan 7 pada jam antara 7.00 sampai 9.00.

· Dedicated IT system

Dedicated IT system adalah sistem teknologi informasi yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus. Sebagai contoh, ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dirancang secara khusus untuk melakukan transaksi keuangan bagi nasabah bank. Tentu saja sistem seperti ini tidak dapat dipakai untuk melakukan tugas seperti mengetik dokumen.

· General purpose IT sistem

General purpose IT sistem adalah sistem teknologi informasi yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas yang bersifat umum. Sistem komputer yang disebut PC merupakan contoh sistem teknologi informasi serbaguna yang umum dipakai di rumah. Dalam hal ini PC dapat dipakai untuk mencatat pengeluaran, melakukan perhitungan statistik, membuat gambar, ataupun untuk belajar bahasa asing. Tentu saja sistem seperti ini dapat digunnakan untuk melakukan kegiatan apa saja sepanjang dilengkapi dengan perangkat lunak yang sesuai.

2. Menurut departemen dalam perusahaan bisnis

· sistem informasi akuntansi

· sistem informasi pemasaran

· sistem informasi produksi

3. Menurut dukungan terhadap level manajemen dalam perusahaan

· sistem pemprosesan transaksi

· sistem pendukung keputusan

· sistem informasi eksekutif

4. Menurut ukuran

Ukuran dalam pengklasifikasian sistem teknologi informasi tidak harus berupa ukuran fisik, tetapi lebih cenderung didasarkan pada ukuran informasi yang dapat ditampung, kemampuan sistem yang ditawarkan, kecepatan pemprosesan, dan juga berdasarkan jumlah orang yang menggunakan sistem secara bersamaan.

Ragam komputer

Nama

MFLOPS

Kegunaan Utama

Mikrokomputer

1-50

Komputasi perseorangan

Client pada aplikasi client/server

Workstation

50-500

Server pada aplikasi client/server

Minikomputer

3-1.000

Komputasi dalam satu departemen dalam perusahan

Aplikasi CAD (untuk desain produk)

Pengolahan bisnis skala menengah

Server dalam aplikasi client/server

Mainframe

50-20.000

Pemprosesan bisnis skala besar

Server dalam client/server

Superkomputer

1.000-20.000.000

Perhitungan sains kompleks

Perlu diketahui, MFLOPS ( Mollions of Floating Point Operations Per Second) atau Megaflops adalah satuan yang menyatakan jumlah operasi bilangan real (dalam satuan juta) per setiap detik. Satuan ini menyatakan jumlah instruksi operasi bilangan real dalam orde jutaan per satu detik.

Ø Superkomputer

Superkomputer adalah jenis komputer yang mempunyai kecepatan proses paling hebat. Biasa digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks, misalnya untuk peramalan cuaca dan perancangan roket. Superkomputer yang terkenal adalah Cray, IBM

Ø Mainframe

Mainframe adalah jenis komputer yang digunakan pada perusahaan-perusahaan berskala besar untuk menangani pemprosesan data dengan volume yang sangat besar. Perusahaan komputer yang menjadi pemain utama pada kelas ini adalah IBM, Fujitsu, dan Unisys. Contoh mainframe yang terkenal yaitu IBM S/390 Parallel Enterprise Server.

Ø Minikomputer

Minikomputer seringkali disebut sistem Midrange, biasa digunakan pada perusahaan-perusahaan berskala menengah sebagai server. Vendor-vendor terkenal yang memproduksi jenis komputer ini antara lain DEC, IBM, Hewlett Packard, dan Data General. Contoh yang terkenal dan banyak digunakan pada perbankan adalah IBM AS/400.

Ø Workstation

Workstation adalah jenis komputer yang lebih ampuh daripada kebanyakan PC. Awalnya workstation dirancang untuk memenuhi aplikasi perancangan berbasis grafis seperti CAD, tetapi belakangan juga banyak dipakai sebagai server dalam client/server. Perusahaan komputer yang menjadi pemain utam dalam produksi workstation adalah DEC,IBM, Sun Microsystems.

Ø Mikrokomputer

Mikrokomputer lebih dikenal dengan sebutan PC (Personal Computer) atau komputer pribadi. Mikrokomputer sendiri dapat dibedakan menjadi dekstop PC, tower PC, laptop, notebook, palmtop, dan PDA.

¨ Desktop PC adalah jenis PC yang berukuran besar yang umum digunakan pada rumah atau kantor, dengan case (kotak CPU) dalam posisi tertidur dan biasa diletakkan di atas meja. Itulah sebabnya dinamakan desktop PC.

¨ Tower PC adalah PC dengan case dalam keadaan berdiri (seperti menara). Umumnya kotak CPU diletakkan di samping atau di bawah kolong meja.

¨ Laptop adalah jenis mikrokomputer yang mudah untuk dibawa berpergian.

¨ Notebook (mini laptop) memiliki sifat seperti laptop. Hanya saja ukurannya sedikit lebih kecil daripada laptop.

¨ Palmtop atau biasa disebut handheld PC (PC genggam) adalah komputer berukuran sedikit lebih besar daripada kalkulator, sehingga dapat diletakkan diatas tangan.

¨ PDA (Personal Digital Assistant) adalah jenis komputer genggam yang menggunakan pena sebagai pengganti keyboard mini yang dapat dilipat. PDA bisa berfungsi seperti buku catatan yang mencatat janji ataupun telepon. Perkembangan terakhir, PDA juga dilengkapi dengan perangkat lunak tertentu dan dapat digunakan untuk melakukan koneksi ke internet. Pada beberapa artikel, PDA juga dianggap sebagai palmtop.

Perusahaan yang terkenal sebagai produsen PC antara lain yaitu Dell, Compac, dan Acer.

¨ Mikrokontroler atau sering juga disebut Embedded Computer adalah mikroprosessor khusus yang berukuran kecil yang biasa dipasang pada peralatan-peralatan elektronis cerdas, mobil, dan barang yang lain (misalnya lift) Mikroprosessor ini membuat peralatan dapat diprogram.

Perusahaan yang terkenal memproduksi mikrokontroller adalah Motorola dan Texas Instrument.

5. Cara melayani permintaan (klien server)

Pada lingkungan yang mempunyai sejumlah komputer dan komputer-komputer tersebut saling dihubungkan dikenal istilah klien server. Pengertian server umumnya menyatakan sebuah komputer yang menyimpan data atau program yang dapat diambil oleh komputer-komputer lain atau menyediakan peranti seperti CD-ROM drive atau printer yang dapat digunakan oleh komputer-komputer lain.

E. Peranan Teknologi Informasi

Peranan teknologi informasi pada masa sekarang tidak hanya diperuntukkan bagi organisasi, melainkan juga untuk kebutuhan perseorangan. Bagi organisasi, teknologi informasi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan kompetitif, sedangkan bagi perseorangan maka teknologi ini dapat digunakan untuk mencapai keunggulan pribadi, termasuk untuk mencari pekerjaan.

Teknologi informasi bisa dikatakan telah merasuki ke segala bidang dan ke berbagai lapisan masyarakat. Pada masa sekarang ponsel dengan kemampuan mengambil informasi dari Internet telah menjadi barang yang biasa dipakai orang untuk berkomunikasi, yang menjadikan jarak seperti tak terasa. Orang menjadi terbiasa dengan surat elektronis (e-mail) dan mulai menjauhi penggunaan surat konvensional yang menggunakan kertas. Orang lebih suka menggunakan program-program pengolah kata untuk membuat dokumen daripada memakai mesin ketik biasa.

a. TI dalam Dunia Pendidikan

Teknologi informasi juga dapat melahirkan fitur-fitur baru dalam dunia pendidikan. Sistem pengajaran berbasis multimedia (teknologi yang melibatkan teks, gambar, suara, dan video) dapat menyajikan materi pelajaran yang lebih menarik, tidak monoton, dan memudahkan penyampaian. Murid dapat mempelajari materi tertentu secara mandiri dengan menggunakan komputer yang dilengkapi program berbasis multimedia. Kini telah banyak perangkat lunak yang tergolong sebagai edutainment yang merupakan perpaduan antara education (pendidikan) dan entertainment (hiburan).

Teknologi internet ikut berperan dalam menciptakan e-learning atau pendidikan jarak jauh. Kuliah tidak lagi harus dilakukan dengan suasana kelas dimana mahasiswa dan dosen bertemu. Kuliah dapat dilaksanankan dengan mengakses modul-modul kuliah dari jarak jauh. Begitu pula untuk pengiriman tugas dan berdiskusi. Para mahasiswa dengan leluasa dapat mengatur waktu untuk belajar, kapan saja dan di mana saja.

DAFTAR PUSTAKA

Kadir, Abdul & Terra Ch. Triwahyuni; Pengenalan Teknologi Informasi: Yogyakarta; 2003

No comments:

Post a Comment

Post a Comment