b CYBER LEARNING TIK: Internet

Sunday, November 29, 2009

Internet

DWINA MUTIARANINGRUM
KELAS SENIN, 15.30


INTERNET

Pengertian Internet
Secara teknis, internet atau International Networking merupakan dua computer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan computer hingga meliputi jutaan computer di dunia ( internasional ), yang saling berinteraksi dan bertukar informasi.
Sedangkan dari segi ilmu pengetahuan, internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang di dalamnya terdapat jutaan bahkan milyaran informasi atau berupa data text, graphic, audio atau animasi dan bahkan dalam bentuk media elektronik. Orang bisa berkunjung ke kapan saja dan dimana saja. Dari segi komunikasi, internet adalah sarana yang sangat efisien dan efektif untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh, maupun dekat.

Sejarah Internet
Berikut ini merupakan sejarah awal penggunaan internet,
a. Internet pertama kali dikenalkan oleh Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1960-an melalui ARPA ( Advanced Research Projects Agency ) merintis sebuah jaringan APRANET yang kemudian menjadi cikal bakal internet.
b. Pada tahun 1980-an internet mulai digunakan secara terbatas untk beberapa universitas terkemuka di Amerika Serikat.
c. Pada tahun 1982, protocol standart TCP / IP mulai diperkenalkan.
d. Pada tahun 1984, system nama domain mulai digunakan.
e. Pada tahun 1986, dibangun NSFNET ( National Science Foundation Network ) yang menggantikan ARPANET sebagai jaringan riset di Amerika kemudian beberapa jaringan internasional di beberapa Negara mulai dibangun dan dihubungkan dengan NSFNET.
f. Pada tahun 1990, ARPANET dibubarkan.
g. Pada awalnya informasi yang didapat dari internet hanya informasi berbasis text, kemudian pada tahun 1990 CERN mengembangkan layanan berbasis WWW ( World Wide Web ).
h. Pada tahun 1993, InterNIC didirikan untuk pelayanan pendaftaran nama domain
i. Sekitar tahun 1994, internet mulai digunakan di Indonesia.
Dari sejarah itulah kita sekarang dapat menggunakan internet secara bebas tanpa dibatasi oleh jarak.

Beberapa Layanan Internet
Saat ini, jika orang berbicara tentang internet yang mereka maksud adalah bagian dari internet yang disebut WWW ( World Wide Web ). Tetapi sebenarnya, internet memiliki banyak bagian atau fasilitas sebagai berikut ;
a. WWW ( World Wide Web )
WWW disebut juga dengan web, merupakan bagian yang paling menarik dari internet. Dengan web, kita dapat mengakses informasi – informasi yang tidak hanya berupa teks, tetapi juga gambar, suara dan film. Untuk mengakses web biasanya dibutuhkan browser, seperti Internet Explorer, Opera dan Mozila Firefox.
WWW adalah dokumen – dokumen internet yang disimpan di server – server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web dibuat dengan format hyperteks dan hypermedia dengan menggunakan HTML ( Hypertext Markup Language ). HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan link sebuah dokumen dengan dokumen lain.
b. E-mail ( Elektonik Mail )
E-mail merupakan surat elektronika yang dikirim melalui internet. Dengan e-mail kita dapat mengirim dan menerima pesan dari dank e pengguna internet di seluruh dunia. Jika dibanding dengan pos, fasilitas email jauh lebih cepat. Kita bias mengirim email ke teman yang berada di luar negeri hanya dalam waktu beberapa menit dan tidak perlu kuatir surat tersebut akan rusak karena hujan, hilang atau tidak sampai ke tempat yang kita tuju. Untuk mengirim atau menerima email dibutuhkan program E-mail, seperti Yahoo, Plasa.com, Astaga dan Lycos. Kita hanya perlu mengetikkan pesan atau surat kemudian mengirimnya.
c. Newsgroup
Seperti yang telah kita ketahui, E-mail merupakan layanan pengiriman pesan antara dua orang, sedangkan newsgroup dapat digunakan untuk berbicara atau mengirimkan pesan kepada banyak orang tentang suatu hal atau artikel. Di internet banyak tersedia macam – macam newsgroup dengan tema yang berbeda – beda. Untuk dapat menikmati fasilitas ini, kita harus terkoneksi ke ISP yang menyediakan fasilitas newsgroup karena tidak semua mewsgroup menyediakannya.
d. Telnet
Telnet merupakan layanan internet yang digunakan untuk mengakses computer yang jaraknya jauh. Dengan telnet kita dapat mengambil atau mencari informasi dari computer orang lain yang letaknya jauh, syaratnya kita harus memiliki IP address atau alamat IP dari computer yang akan kita akses. Selain itu, kita harus memiliki hak akses berupa User ID dan password.
e. Gopher
Gopher merupakan layanan internet yang digunakan untuk mencari informasi yang hanya terbatas pada teks saja. Layanan ini sekarang sudah banyak ditinggalkan oleh pengguna internet dan digantikan oleh layanan WWW yang mampu menampilakn aspek grafis.
f. FTP ( File Transfer Protocol )
Salah satu daya tarik internet adalah banyaknya perangkat lunak gratis didalamnya, yang disimpan di dalam database atau folder – folder program umum ( public domain ) yang tersebar hamper di setiap server. Dengan adanya fasilitas transfer data dengan menggunakan FTP sngat memudahkan bagi pemakai internet untuk mengambil file – file yang diinginkan. Proses pengambilan file dinamakan download, sedangkan proses untuk mengirim file dinamakan upload.
g. IRC ( Internet Relay Chat )
IRC merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap – cakap atau lebih dikenal dengan chatting. Layanan ini hamper sama dengan newsgroup, tetapi tidak dikhususkan pada topic tertentu. Untuk menggunakan layanan chatting, pengguna biasanya cukup mendaftar ke server IRC yang diinginkan.
h. Milis ( Mailing List )
Milis merupakan sebuah alamat email yang didalamnya berisi kumpulan beberapa email anggotanya. Dengan mengirim pesan ke sebuah milis, pesan kita akan terkirim ke semua anggota milis tersebut. Milis digunakan sebagai sarana berdiskusi di internet. Sebuah milis dapat diproteksi sehingga hanya anggota – anggotanya saja yang bias mengirim pesan ke milis tersebut.
i. Ping ( Packet Internet Gopher)
Ping digunakan untuk mengetahui apakah computer yang kita gunakan mempunyai hubungan ( terkoneksi ) dengan computer lain di internet. Pengecekan hubungan ini dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data.
j. VoIP ( Voice over Internet Protocol )
VoIP merupakan layanan untuk menelepon lewat internet. Cara ini dapat menghemat pulsa interlokal / internasional karena akses internet menggunakan pulsa telepon local.

Kegunaan Internet
Dari fasilitas – fasilitas yang telah dijelaskan, sampai saat ini kegunaan internet yang dapat kita rasakan sebagai berikut :
a. Sebagai sarana untuk mendapatkan dan menyampaikan informasi yang cepat, murah dan mudah.
b. Mengurangi biaya disteribusi atau biaya kertas.
c. Dapat digunakan sebagai media promosi.
d. Sarana komunikasi interaktif.
e. Sebagai alat research dan development.
f. Sarana untuk pertukaran data.

Keuntungan dan Kelemahan Penggunaan Internet
Penggunaan internet memberikan banyak keuntungan bagi pemakai, namun dibalik manfaat yang diperoleh internet juga membawa dampak negative.
a. Keuntungan dari Internet
1. Kemudahan dalam memperoleh informasi
2. Internet mendukung transaksi operasi buisnis atau dikenaldengan E-Business
3. Konelsivitas dan jangkauan global
4. Akses 24 jam, tidak dibatasi waktu
5. Kecepatan untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi di internet menjadi salah satu pertimbanganpengguna dalam menggunakan internet.
6. Interaktivitas dan fleksibilitas
7. Sebagai media promosi, internet dimanfaatkan untuk beriklan / menampilkan profil perusahaan dan produk – produknya.
8. Berbagai aktivitas baru dapat ditangani oleh internet, misalnya system pembelajaran jarak jauh / E-Learning, system telepon dengan biaya murah, pencarian lowongan pekerjaan dan transfer uang.
b. Dampak Negatif dalam Penggunaan Internet
1. Ketergantungan pada jaringan telepon, satelit dan ISP ( Internet Service Provider ). Fasilitas jaringan telepon bahkan satelit atau ISP menjadi sngat berpengaruh terhadap biaya pemakaian internet. Apabila kita mengakses internet dial-up, maka kenaikan tarif pulsa telepon dan ISP menjadi pengaruh yang cukup kuat terhadap akses internet.
2. Ancaman virus, salah satu masalah. Berbagai virus berkembang dan penyebarannya pun bervariatif, khususnya menyebar lewat jaringan global internet, baik lewat e-mai maupun file - file yang didownload.
3. Kemudahan untuk menjiplak karya orang lain, kejahatan pengguna kartu kredit dan penayangan pornografi.

Peran Internet dalam Dunia Pendidikan
Sebagai media yang diharapkan akan menjadi bagian dari suatu proses belajar mengajar di sekolah, internet mampu memberikan dukungan bagi terselenggaranya proses komunikasi interaktif antara guru dengan siswa sebagaimana yang dipersyaratkan dalam suatu kegiatan pembelajaran. Kondisi yang harus mampu didukung oleh internet tersebut terutama berkaitan dengan strategi pembelajaran yang akan dikembangkan, yang kalau dijabarkan secara sederhana, bisa diartikan sebagai kegiatan komunikasi yang dilakukan untuk mengajak siswa mengerjakan tugas-tugas dan membantu siswa dalammemeperoleh pengetahuan yang dibutuhkan dalam rangka mengerjakan tugas-tugas
Internet merupakan pendorong majunya pendidikan. Internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu sebagai media interpersonal dan massa, bersifat interaktif, memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron. Karakteristik ini memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional. Teknologi internet menunjang pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan. Internet sangat bermanfaat bagi kita saat ini, menambah wawasan dan pengetahuan (ilmu komputer khususnya), internet sangat membantu memberikan informasi untuk kita.misalnya untuk mencari tugas yang kita kerjakan, sumber bahan ajar, media pembelajaran siswa untuk belajar secara mandiri, meningkatkan komunikasi dengan siswa lain. Manfaat internet dalam dunia pendidikan dapat membantu siswa untuk mengakses berbagai informasi dan ilmu pengetahuan serta sharing antarsiswa terutama dengan mereka yang berjuauhan tempat tinggalnya.

DAFTAR PUSTAKA

Kurniawati, Heppy, dan Hariyanti. 2006. Teknologi Informasi & Komunikasi. Klaten : Aviva
Pandia, Henry. 2007. Teknologi Inforasi dan Komunikasi, Jakarta : Erlangga





No comments:

Post a Comment